Analisis Usaha Jual Pulsa Dan Perolehan Keuntungan

No comment 1574 views

Aplikasi Bisnis Plan Segala Usaha

https://www.tonbr.com/aplikasi-bisnis-plan/

Cara mudah dan cepat menyusun, memonitor dan menganalisa usaha

Apabila akan memulai tentu saja kita semua akan membuat suatu perencanaan keuangan dari sebuah usaha yang akan dijalankan tersebut. Jika memiliki suatu perencanaan keuangan nantinya, kita dapat mengukur atau bisa mengetahui estimasi keuntungan yang akan diperoleh dari usaha yang akan kita jalankan tersebut. Salah satu jenis bisnis yang bisa dicoba yaitu usaha jual pulsa. Bisnis pulsa ini lain halnya dengan bisnis yang lainnya. Sebab, untuk bisnis pulsa ini mempunyai perputaran keuangan yang cepat. Apabila kita tidak dapat merencanakan serta mengatur keuangan bisnis pulsa ini, bisa saja kemacetan dalam bisnis pulsa ini. Analisis usaha jual pulsa juga penting untuk dilakukan.

1. Usaha Jual Pulsa

Usaha jual pulsa memang merupakan salah satu jenis bisnis yang menguntungkan. Perlu anda ketahui, jika bisnis pulsa ini akan selalu diperlukan oleh banyak orang. Sebab, untuk saat ini pulsa sudah menjadi kebutuhan yang dinilai sangat penting dalam kehidupan manusia modern di dalam kesehariannya.Untuk yang selanjutnya, pulsa juga tidak memiliki masa yang singkat seperti halnya pada makanan dan minuman. Dengan demikian, tidak ada resiko untuk jenis bisnis ini. Selanjutnya, modal yang digunakan untuk memulai bisnis ini juga tidaklah besar. Dengan demikian, bisa dilakukan oleh siapa saja.

2. Analisis Usaha Jual Pulsa

Perencanaan usaha yang baik tentunya bisa menjadikan sebuah usaha yang kita jalankan dapat berjalan dengan baik walaupun secara perlahan -lahan. Lain halnya dengan usaha yang dilakukan dengan tidak menggunakan perencanaan,mungkin bisa terjadi kebangkrutan. Pada umumnya, usaha tersebut faktor utamanya yaitu tidak membedakan keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Sehingga, tidak bisa menghitung berapa keuntungan yang diperoleh. Bahkan, untuk uang usaha kita dapat terpakai oleh keperluan pribadi kita. Berikut ini adalah sebuah perencanaan yang baik atau analisis usaha jual pulsa.

  Analisa Usaha Warung Kopi Sederhana dan Contoh Proposal Usaha Cafe

Investasi Awal


Aplikasi Bisnis Plan Segala Usaha

https://www.tonbr.com/aplikasi-bisnis-plan/

Cara mudah dan cepat menyusun, memonitor dan menganalisa usaha

  • Desain Toko/Konter Rp.2.000.000
  • Etalase Rp.1.000.000
  • Kursi 5 Rp. 250.000
  • Papan Nama Rp. 500.000
  • HP Rp.1.000.000
  • Dan untuk totalnya yaitu Rp.4.750.000

Analisa Keuntungan Per bulan

  • Pulsa Hp 50 keuntungan di setiap transaksi 1000 => 50 x 1000 x 30 = 1.500.000
  • Pulsa kuota 25 keuntungan per transaksi 5000 => 25 x 5000 x 30 = 750.000
  • Pulsa Listrik 50 keuntungan per transaksi 2000 => 50 x 2000 x 30 = 3.000.000
  • Keuntungan Kotor = 5.250.000 dikurangi listrik 100.000
  • Keuntungan Bersih = 5.150.000

3. Tips Usaha Jual Pulsa

Apabila anda semua hendak memulai usaha ini, ada beberapa syarat yang sebaiknya anda sediakan dahulu :

Handphone

Handphone yang akan digunakan untuk usaha jual pulsa bisa dengan handphone yang jadul atau yang terbaru. Apabila handphone yang jadul nanti hanya dapat untuk melakukan transaksi via sms saja. Namun apabila anda menggunakan handphone terbaru, anda dapat memakai transaksi dengan lewat aplikasi tanpa harus ada biaya sms yang dapat menghemat pulsa anda. Sebab, anda hanya cukup dengan menyediakan koneksi internet saja.

Modal

Modal untuk usaha pulsa kuota juga tidak besar, sebab anda bisa menyediakan modal minimal 100 ribu, anda dapat jualan pulsa kuota internet. Apabila anda banyak mempunyai konsumen tetap, maka anda dapat menambah modal untuk menjalankan usaha ini. Selain itu, anda juga dapat melayani pembelian pulsa kuota pada konsumen sewaktu – waktu sebab tidak kehabisan saldo.

  Analisa Peluang Usaha Konveksi Rumahan dan Pakaian Jadi

Tempat Jualan

Tempat jualan pulsa memang tidak harus besar. Tempat yang kecilpun bisa kita manfaatkan untuk dijadikan sebagai tempat jualan pulsa kuota internet ini.

Setelah anda sudah menyiapkan syarat untuk melakukan usaha jualan pulsa, maka langkah selanjutnya adalah :

Mendaftar Agen

Untuk mendaftar agen, anda bisa memilih salah satu dari banyaknya suplayer pulsa dan juga kuota internet yang telah anda pertimbangkan. Pertimbangan ini seperti halnya kepercayaan, produk yang lengkap, harga dan juga kecepatan transaksi. Kemudian, untuk pendaftaran agen anda dapat menurut panduan pendaftaran yang sudah diberikan oleh suplyer.

Isi Saldo

Apabila anda telah sukses melakukan pendaftaran, langkah yang selanjutnya yang sebaiknya anda lakukan yaitu dengan melakukan isi saldo keanggotaan anda. Yaitu dengan cara transfer bank, baik itu via internet banking, sms banking, via ATM atau dengan menggunakan cara lainnya yang sudah disediakan oleh suplayer yang telah anda percaya. Isi saldo ini besarannya minimal 100 ribu hingga tidak ada batasnnya.

Jualan Langsung

Sesudah mengisi saldo, anda sudah bisa langsung jualan pulsa dan juga kuota internet. Anda bisa mencoba menjualnya secara langsung kepada teman -teman dekat anda yang mungkin sedang memerlukan pulsa kuota internet. Selanjutnya anda dapat desain tempat yang anda sediakan tadi. Anda bisa melakukan berbagai macam cara untuk melakukan promosi.

4. Analisa Swot Usaha Jual Pulsa

Sesudah anda mengetahui analisis usaha jual pulsa, saat ini anda harus mengetahui analisa swot untuk usaha jual pulsa.

  Analisa Usaha Bandeng Presto

Kekuatan (Strength)

  • Untuk membuka jenis bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, sebab tidak memerlukan peralatan dan mesin yang begitu mahal.
  • Pengelolahan data transaksi juga dilakukan komputer dengan otomatis, dengan demikian bisa mendapat kecepatan transaksi yang cepat.
  • Operator hanya bertugas untuk menjadi pengawas.
  • Harga yang terjangkau juga bisa dijangkau oleh masyarakat luas.
  • Tidak ada kadarluwasa.

Kelemahan (Weakness)

  • Membutuhkan strategi yang baik untuk mempromosikan.
  • Pengelolaan masih sifatnya tradisonal dan sederhana.
  • Sarana dan prasarana yang dipakai masih relatif sederhana.
  • Kualitas Operator sering mengalami gangguan jaringan, yang bisa memperlambat proses transaksi.
  • Jangkauan konsumen pulsa yang terbatas, sebab modal yang relatif rendah.

Kesempatan (Opportunity)

  • Banyak counter pulsa yang tidak buka 24 jam..
  • Pemilik usaha tidak memberikan bonus pada costumer.
  • Memberikan transaksi lain seperti pembayaran tagihan telpon. Listtrik, PAM, Speedy DLL.
  • Harga yang diberikan relatif murah dari pada counter lain.
  • Membuka cabang dengan bantuan server

Ancaman (Threaths)

  • Hadirnya pesaing-pesaing baru yang bisa memberikan pelayanan yang baik dan harga termurah.
  • Menurunnya daya beli masyarakat karena adanya krisis.
  • Harus membuka pembayaran tagihan lain seperti telpon, Listrik, PAM, Speedy , dll agar memberi daya tarik tersendiri.

Target

Yang menjadi target dari usaha jual pulsa ini yaitu seluruh orang yang memiliki handphone, baik itu anak sekolah, mahasiswa, perkerja, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.

Dengan anda memiliki analisis usaha jual pulsa dan juga bisa memenuhi berbagai macam persyaratan, maka usaha bisnis jual pulsa anda bisa berjalan dengan baik.

author
Author: 

    Leave a reply "Analisis Usaha Jual Pulsa Dan Perolehan Keuntungan"