Analisa Usaha Warung Kopi Sederhana dan Contoh Proposal Usaha Cafe


Aplikasi Bisnis Plan Segala Usaha

https://www.tonbr.com/aplikasi-bisnis-plan/

Cara mudah dan cepat menyusun, memonitor dan menganalisa usaha

Analisa usaha warung kopi serta contoh proposal usaha cafe & resto murah dengan modal 30 juta. Bisnis kedai kopi modern membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun perhitungan balik modal nya kurang dari 2 bulan.

Sedangkan untuk warung kopi tradisional dengan modal kecil sudah bisa dijalankan, paket usaha kedai kopi kini bisa didapatkan dengan mudah. Tetapi untuk paket cafe dan resto modern, Anda harus mengeluarkan modal yang lumayan besar. Berikut ini kami paparkan analisa usaha warung kopi sederhana serta contoh proposal usaha kedai kopi.

Analisa Usaha Warung Kopi

Untuk memulai usaha kedai kopi Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
– Pemilihan Tempat
Jika Anda berniat untuk membuka usaha cafe hal yang pertama harus Anda perhatikan adalah tempat atau lokasi dimana Anda akan mendirikan sebuah cafe. Kenapa tempat merupakan hal pertama, karena ketika kita membuka sebuah warung kopi, kita harus tahu target pasar kita, misal dekat kampus, dekat dengan pusat pembelanjaan atau dekat dengan perkantoran.

– Konsep warung kopi modern dan tradisional
Menurut analisa usaha warung kopi kami, konsep tempat menjadi aspek penentu sukses dan tidaknya usaha Anda, kenapa konsep atau ide membuat cafe sangat penting? Yang pasti sekarang ini sudah banyak cafe bertebaran di kota Anda.

Untuk membedakan cafe Anda dengan cafe yang sudah ada, Anda harus memikirkan konsep atau ide baru apa yang nantinya bisa membuat usaha Anda beda dan bisa bersaing dengan warung kopi yang lain. Contoh proposal usaha kedai kopi untuk mendapatkan bantuan dana/modal bisa didonlot dibawah sini.

– Menu
Setelah Anda menemukan konsep dan ide yang tepat untuk cafe, Anda juga harus memikirkan menu apa saja yang akan Anda sajikan di cafe yang Anda buat. Mungkin pada menu kita bisa kaitkan dengan konsep atau ide baru. yang bisa membedakan cafe Anda dengan cafe lainnya. Buatlah menu yang unik, khas dan lebih enak.

– Peralatan dan perlengkapan cafe dan resto
Kemudian Anda perlu mempersiapkan peralatan dan perlengkapan baik itu untuk memasak maupun untuk menyajikan manakan di cafe yang Anda miliki.

– Harga bahan baku
Selain Anda harus mempersiapkan peralatan dan perlengkapan untuk cafe Anda, Anda juga harus mengetahui harga bahan baku dari berbagai bahan makanan yang natinya akan disajikan dalam daftar menu makanan.

  analisa usaha mebel kayu jati

Jadi sebelum memulai usaha ini, Anda sudah mendapatkan informasi tentang berapa harga grosir bahan yang harus Anda belanjakan setiap harinya agar Anda bisa mendapatkan harga bahan dengan harga lebih murah. Jika butuh contoh proposal usaha warung kopi unduh disini.

• Pemasaran dan promosi

Terakhir yang harus Anda pikirkan adalah masalah pemasaran dan promosi, jika Anda sudah menentukan poin pertama lokasi atau tempat strategis maka poin ini akan mudah Anda jalankan. Selain dari tempat, Anda juga harus menginformasikan kepada calon pelanggan Anda baik itu melalui media online ataupun offline untuk mengenal cafe yang baru Anda buat.

contoh proposal usaha warung kopi sederhana modern

Perkiraan Modal Awal Bisnis Kedai Kopi

Analisa usaha warung kopi kali ini membahas modal bisnis cafe, yang Anda perlukan adalah mengetahui modal awal yang harus Anda keluarkan, berikut adalah beberapa gambaran modal usaha cafe untuk Anda.
Modal peralatan dan perlengkapan cafe :
• Kontrak tempat : 10.000.000 per tahun
• Kompor : 1.500.000
• Perlengkapan dapur : 5.000.000
• Kursi dan meja : 1.500.000
• Kulkas : 2.500.000
Biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan
• Modal bahan makanan : 3.000.000
• Listrik, air dan internet : 1.000.000
• Gaji karyawan 2 orang : 3.000.000
Total modal awal yang Anda keluarkan untuk usaha cafe adalah sebesar Rp.27.500.000.

  Analisa Usaha Air Minum Isi Ulang Biru dan Contoh Proposal Bisnis Depot

Perhitungan Keuntungan Usaha Warung Kopi

Untuk menghitung keuntungan yang Anda dapatkan dari usaha cafe ini, dimisalkan dalam 1 hari ada 30 orang pengunjung datang dan memesan makanan dan minuman dengan harga 10.000 – 50.000.

Maka pendapatan perharinya adalah sebesar Rp.900.000 dengan asumsi satu orang memesan makanan dan minuman dengan rata-rata harga 30.000.
Jadi selama satu bulan Anda akan mendapatkan hasil penjualan Rp.900.000×25 hari = Rp.22.500.000,
dikurangi dengan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan sebesar 7.000.000,
maka keuntungan bersih setiap bulan adalah Rp.22.500.000-Rp.7.000.000= Rp. 15.500.000.
Jadi keuntungan per tahun Rp.15.500.000×12 bulan = Rp. 186.000.000.

Lamanya Balik Modal

Untuk menghitung ROI usaha cafe bisa menggunakan rumus seperti dibawah ini :
ROI usaha cafe dan resto = ( Total Penjualan– Investasi / investasi x 100%
Maka secara sederhana perhitungan ROI usaha cafe dalam presentase adalah = ((Rp 22.500.000 – Rp 7.000.000) / Rp 7.000.000) x 100% adalah sebesar 221%.
Maka dapat disimpulkan tingkat ROI usaha catering adalah sebesar 221%.

Demikian analisa usaha kedai kopi dengan free wifi, semoga dapat menjadi acuan dalam memulai bisnis cafe dan resto sesuai budget Anda. Dibawah ini kami sediakan contoh proposal usaha kedai kopi untuk membantu mendapatkan modal usaha.

author
Author: 
    1. author

      Akiong Gik2 years ago

      Apa yang harus saya persiapkan untuk memulai usaha warung kopi dan berapa kira-kira modalnya?

      Reply
      • author

        Luluh Warsito2 years ago

        Warung kopi jika lokasi nya deket sekolah dan banyak pangkalan ojek sekitar nya,
        bentuk bangunan bisa semi permanen, atau bisa juga menggunakan mobil box.
        mobil box second sekitar 40jtan

        Reply

    Leave a reply "Analisa Usaha Warung Kopi Sederhana dan Contoh Proposal Usaha Cafe"