Analisa Usaha Tas Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Menguntungkan

Tas adalah salah satu kebutuhan wajib yang mendukung penampilan berbusana bagi sebagian besar masyarakat. Baik kaum wanita maupun laki-laki, semuanya membutuhkan tas. Dengan begitu, ini bisa menjadi peluang usaha tas rumahan yang bermanfaat bagi ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan keuntungan.

Untuk bisa memulai usaha tas rumahan ini, Anda sebagai ibu rumah tangga bisa membuatnya di rumah saja. Lalu cara promosinya bisa dipasarkan ke toko-toko tas atau dijual di media sosial dan ke rumah-rumah. Bahkan dengan biaya yang kecil dibawah 10 juta. Dengan memulai usaha ini, anda tak perlu takut akan gagal karena perkembangan fashion saat ini semakin lama kian berkembang. Dan pada setiap harinya akan selalu meningkat kebutuhan dan permintaan tas. Sehingga ini bisa menjadi peluang empuk bagi para pelaku usaha dalam bidang produksi tas.

Peluang Usaha Tas Rumahan

Semakin hari minat para konsumen untuk membeli tas semakin meningkat. Sehingga ini bisa membuat bisnis tas rumahan menjadi sangat menguntungkan. Bagi anda yang notabene ibu rumah tangga bisa memanfaatkan hal ini. Hal ini karena tas sudah menjadi kebutuhan wajib dalam berbusana untuk pria maupun wanita.

Permintaan tas semakin banyak menjadikan peningkatan usaha yang sangat bagus. Sementara itu ketika menjalankan bisnis tas rumahan anda tidak perlu modal yang besar. Siapapun bisa menjalankan usaha ini sebab usaha tas ini bisa dijalankan dengan modal minim.

Analisa Usaha Tas Rumahan

Bagi anda semua Ibu rumah tangga yang ingin memulai menjalankan bisnis tas rumahan ini maka akan kami bagikan informasi mengenai analisa usahanya. Dengan begitu, anda bisa menjadikannya sebagai panduan untuk menjalankan bisnis anda.

  Analisis Usaha Jual Pulsa Dan Perolehan Keuntungan

Modal awal

  • Mesin jahit Rp1.500.000,00
  • Peralatan menjahit Rp500.000,00
  • Jumlah Rp2.000.000,00
Perlengkapan
Bahan baku tasRp3.000.000,00
Kantong kemasanRp100.000,00
Kantong plasticRp50.000,00
Jumlah                 Rp3.150.000,00
Perhitungan laba/(rugi) per bulan
Pendapatan
Penjualan tas 5 buah x 30 hari x @ Rp 50.00  = Rp7.500.000,00
Biaya-biaya
Transportasi                                        Rp200.000,00
Benang, jarum, dan aksesoris lainnyaRp200.000,00
Listrik dan telepon                                Rp300.000,00
Gaji pegawai 1 orang                        Rp1.000.000,00
Biaya perlengkapan                                Rp3.150.000,00
Biaya penyusutan peralatan                Rp41.646,00
Jumlah biaya                                         Rp4.891.646,00
Laba/ (rugi) bersih  = pendapatan – biaya-biaya
Rp 7.5000.000,00 – Rp 4.891.646,00 =Rp2.608.354,00

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Tas

Sebelum anda menjalankan bisnis tas rumahan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebagai modal dalam pembuatan tas. Untuk menjalankan bisnis ini, yang dibutuhkan bukan cuma modal materi tetapi juga keterampilan atau skill yang bisa memproduksi tas. Sementara itu, hal lain yang patut dipersiapkan yaitu mencari jaringan yang dapat diajak bekerjasama. Baik untuk jaringan pemasaran atau jaringan dalam mencari bahan baku pembuatan tas.

Jika semuanya sudah disiapkan dengan baik, anda harus mencari lokasi usaha yang tepat. Seperti lokasi yang strategis misalnya daerah sekolahan, kampus atau perkantoran. Jika mendekatkan lokasi pada target pasar tentu anda juga bisa secara langsung dapat memasarkan produk tersebut. Supaya usaha anda cepat laku, maka sebaiknya anda buat desain tas yang unik dan menarik. Agar produk tidak dapat ditiru dengan mudah oleh produsen lain dan para konsumen lebih tertarik dengan produk anda.

  Analisa Usaha Ternak Jangkrik Modal Kecil Untung Besar

Target Konsumen

Saat anda menjalankan bisnis tas rumahan ini, pasar yang menjadi target anda adalah semua orang dari wanita hingga pria. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa, mahasiswa, pelajar, karyawan kantoran dan lain sebagainya. Disamping beberapa target pasar itu, sekarang ini banyak ibu-ibu yang menggunakan tas sebagai fashion. Sehingga para ibu sering mencari tas untuk memenuhi kebutuhan fashion mereka. Mereka kadang mencari tas yang sesuai dengan busana yang sedang mereka kenakan.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Tas Rumahan

Adapun yang menjadi kelebihan saat anda akan memulai bisnis rumahan ini, anda bisa memulai jualan tas rumahan meski tidak memiliki modal yang besar. Kebutuhan tas setiap hari makin meningkat. Dengan demikian, akan menjadi lahan yang cukup empuk bagi para konsumen. Mereka pasti akan menyerbu hampir semua produk fashion termasuk tas. Hingga saat ini, setiap wanita merasa tidak tampil PD saat bepergian tanpa tas. Baik itu tas besar maupun tas kecil.

Dalam menjalankan usaha produksi tas, pastinya mempunyai beberapa kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah minat konsumen terhadap tas yang semakin meningkat. Bahkan bisa dibilang tas menjadi salah satu kewajiban untuk dimiliki. Anda harus dituntut menghadirkan tas yang memiliki desain menarik, berkualitas, bahkan jika bisa anda harus memproduksi tas yang berbeda daripada tas yang sudah lebih dulu beredar di pasaran. Dengan demikian, ini bisa meningkatkan jumlah ketertarikan konsumen kepada tas yang anda produksi.

  Analisa Usaha Warung Kopi Sederhana dan Contoh Proposal Usaha Cafe

Sementara itu, kekurangan dalam menjalankan bisnis rumahan adalah jika terjadi lonjakan biaya bahan baku untuk membuat tas. Dengan banyaknya permintaan tentu saja membuat bahan baku semakin menipis. Sehingga harga akan menjadi melonjak karena bahannya langka. Di samping itu, persaingan usaha cukup ketat. Sehingga bagi anda yang sudah memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis rumahan ini harus kreatif. Anda harus membuat desain tas yang menarik dan unik agar bisa mendapatkan konsumen dengan mudah.

Promosi dan Pemasaran

Untuk proses promosi dan pemasaran produk tas yang anda buat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa menitipkan kepada toko-toko atau butik yang berada di sekitar lokasi anda. Selain itu, anda juga bisa memasarkannya dengan menerima pesanan untuk partai kecil maupun partai besar. Dengan demikian penjualan tas bisa memanfaatkan promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut. Informasi mengenai produk anda bisa menyebar luas ke semua kalangan masyarakat.

Satu lagi cara untuk mempromosikan produk tas yang anda buat adalah dengan mengikuti berbagai macam pameran. Serta memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa media sosial. Saat ini peran media sosial sebagai media promosi memang sangat efektif dan tak perlu diragukan lagi.

Anda bisa menggunakan itu untuk mempromosikan usaha tas rumahan anda. Sehingga anda akan mendapatkan kesuksesan dan usaha anda akan berkembang. Anda harus merasa yakin dan optimis dengan usaha yang anda jalankan ini. Semangat dan pantang menyerah, menjadi kunci utama bisnis yang anda jalankan.

author
Author: 

    Leave a reply "Analisa Usaha Tas Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Menguntungkan"