Analisa Usaha Sosis Bakar

No comment 179 views

Sosis bakar adalah makanan yang sangat sederhana dan populer. Kita semua tahu bahwa sosis adalah olahan daging yang sangat terkenal di negara-negara Eropa. Sekarang sosis merupakan makanan sehari-hari di seluruh dunia dan ada banyak sekali variasi rasa sosis yang ada.

Sosis bakar memiliki rasa yang enak karena daging dibakar dan dibiarkan mengering serta menimbulkan aroma yang menarik. Tekstur bagian luarnya yang kenyal dan bagian dalamnya yang lembul membuat sosis bakar menjadi penganan yang banyak disukai orang semua kalangan.

Analisa Usaha Sosis Bakar

Dan, tak hanya di Indonesia saja, ada banyak orang di berbagai negara yang menyukai sosis bakar sebagai snack ketika sedang berada di luar. Di luar negeri pun banyak penjual kaki lima yang menjual sosis bakar.

Sosis menjadi kudapan yang semakin disukai karena ada banyak jenisnya. Orang bisa memilih sosis sapi, ayam, ikan, hingga seafood. Hal ini menjadikan pasar sosis semakin meluas lagi. Sosis juga sangat populer karena banyak orang yang memilih untuk menjadikannya sebagai objek usaha. Siapa yang tidak mau menjual penganan yang sederhana, mudah dibuat, tetapi sangat enak. Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk memasak sosis bakar.

Selain enak, banyak jenis, dan mudah dibuat, sosis adalah makanan yang sangat merakyat di Indonesia. Meski bukan makanan lokal, sosis bisa dibeli dengan harga yang cukup murah. Sosis bakar juga bisa dijual dengan berbagai ukuran dan juga harga yang bervariasi, sehingga menjadikan sosis bakar makanan yang bisa dijangkau oleh anak-anak hingga orang tua.

  Analisa Usaha Siomay

Meski tidak banyak variasi, tetapi sosis bakar tetap banyak yang menyukai karena rasanya universal dan tidak berlebihan, cocok untuk semua orang. Variasi bisa terjadi dengan menambahkan beberapa item di menu, dan hal itu harus anda tambahkan sesuai dengan niche usaha anda yaitu jajanan untuk di luar waktu makan besar.

Peluang Usaha Sosis Bakar

Sosis bakar adalah usaha yang bisa memiliki banyak konsep. Anda bisa menjual sosis bakar dalam sebuah kedai, restoran kecil, booth, atau bahkan gerobak. Artinya biaya yang akan anda keluarkan untuk investasi tidak akan begitu besar. Anda juga akan bisa menemukan banyak perusaahaan franchise sosis bakar yang tersedia di pasar. Bahkan mungkin bisa menghemat lebih banyak uang lagi dan juga menghemat tenaga anda untuk kampanye marketing usaha anda.

Anda tidak perlu mengetahui hal khusus untuk menyajikan sosis bakar. Sosis bakar hanyalah sebuah makanan sederhana yang anda panggang di atas bara api dan sajikan dengan saus dan topping. Anda bisa melakukan inovasi dengan memberikan beberapa jenis saus dan topping karena seperti yang kita tahu, akan sedikit sulit melakukan inovasi pada sosisnya, tetapi jangan khawatir, akan selalu ada jalan untuk berkembang.

  Usaha Steak - Peluang dan Analisa

Satu hal lagi yang penting, jika anda belum siap mengeluarkan seluruh investasi anda dan memulai bisnis kecil saja, anda tidak perlu menyewa karyawan karena anda bisa melakukan segalanya sendiri.

Tips :

Kemas dalam bentuk unik (kotaknya unik atau pakai tusuk sate)

Potong/cetak dalam bentuk menarik (anak2 biasanya suka)

Sosis akan mudah dijual di mana saja karena setiap orang familiar dengan rasanya. Anda hanya perlu membuka lapak usaha anda di tempat yang kemungkinan banyak orang menjadi lapar dengan kegiatannya dan ingin sebuah pengganjal perut, dan hal itu tidak terlalu sulit. Anda bisa menyajikan pula beberapa cemilan untuk menemani sosis bakar jika anda mau, mungkin anda bisa menjual french fries, atau toast, dan banyak lagi.

Analisis Usaha Sosis Bakar

Dengan asumsi anda menjual sosis bakar di sebuah kedai kecil dan anda menjual dua jenis sosis berdasarkan ukurannya anda akan memiliki skema penjualan sebagai berikut.

Investasi
Kompor dan gas                        300,000.00
Grill                        300,000.00
Tupperware                           15,000.00
Kitchenware                        100,000.00
Meja dan kursi                        500,000.00
Lain-Lain                        200,000.00
Total Investasi                     1,415,000.00
Penerimaan
Penjualan rata-rata per bulan
            30 sosis ukuran kecil x Rp 7.000 x 30                     6,300,000.00
            20 sosis ukuran besar x Rp 10.000 x 30                     6,000,000.00
Total Penerimaan                  12,300,000.00
Pengeluaran
Bahan baku dan pendukung                     8,000,000.00
Gaji pegawai (opsional)                     1,000,000.00
Operasional                     1,000,000.00
Sewa tempat                        500,000.00
Total Pengeluaran                  10,500,000.00
Keuntungan                     1,800,000.00
Break Even Point (BEP)   Kurang dari 1 bulan
  Analisa Usaha Kentang Ulir

Perhatikan, walaupun kelihatan investasinya di bawah 2 juta, tetap diperlukan modal awal untuk operasional di atas 10 juta. Tetapi kalau dalam bulan pertama langsung untung, maka biaya operasional tadi langsung kembali dan keuntungan langsung didapat.

Jika tidak ingin rugi di awal atau repot mencari pelanggan, bukalah di pada saat ada bazar atau acara musik, ceramah yang penonton atau jamaahnya ramai. Untuk itu, punya gerobak dorong akan sangat membantu mobilitas untuk berjualan di tempat-tempat yang potensial. Bisa juga ditambahkan menu lain yang modalnya tidak terlalu besar seperti usaha baso tahu atau ditambahkan minuman, seperti minuman tebu, biar agak unik.

author
Author: 

    Leave a reply "Analisa Usaha Sosis Bakar"